Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Cape Deh!

Ni temen yang atu ini ni, kadang buat gw geli. Hari-hari dari pengalaman hidupnya lebih panjang dari gw. Padahal umurnya lebih muda 5 taon dari gw (because doi sekolah ampe SD, jadi lebih banyak natap orang luar daripade muka orang sekolahan yang terbuat dari seng, kaku)
Suatu ketika, doi ngajak jalan jalan dimalam minggu karena sama-sama garing (doi katanya lagi jomlo). Dan gue oke aja karena nggak ada acara khusus berhoeboeng pacar yang malas gw sapa kerlap-kerlip di sudut malam di kota laen.
Main, dan puter puter sepanjang Cicadas sambil liat-liat yg menurut gw nggak begitu perlu.
Dari tiap sudut sepanjang trotoar banyak orang jualan berbagai macam barang dengan rumus “biar murah asal meriah”. Dari mulai radio butut yang asal nempel ke kuping hingga dvd & vcd bajakan.
Tibalah di gundukan orang-orang yang lagi pada ngacak-ngacak VCD bajakan. Sang pedagang setia menggapai orang-orang dengan rayuan yang merongrong hati untuk ikut ngebajak.
Temen gw ni mulai kambuh penyakit jadulnya. Sambil sibuk ngacak-ngacak lagu barat (bukannya cari lagu barat yang lagi ngetrend, tapi pusing cari lagu pilemburan di tumpukan lagu barat). Doi berbisik : “Euy, kira2 ada nggak yah lagu tomi je Pisa?” Buset deh, jaman gini masih manggil arwah artis cengeng. Gw jawab “Coba aja tanyain, kali ada”. Doi malah bingung campur mikir dikit. Sadar hidup terlanjur dijaman milenium, sementara artis pujaan jaman “Galunggung Bitu”. Jadi lieur yang harus dilakukan.
Jongkoknya pindah mendekati si tukang Jualan VCD. Sambil tangan iseng noelan VCD yang ada di depannya.
“Nyari lagu apa, Cep?” Si Emang jualan menyapa ramah sambil mindah-mindahin VCD lagu barat aliran Rock Altenatif, R & B, indie de el el ke depan temen Gw.
Temen gw bingung ngomong tentang hasrat yang diinginkannya.
Doi berbisik “Sssettt, Mang, Mang…!” Si Emang jualan mendekatkan kupingnya. Dengan suara sangat pelan:
“Kalo Lagu Tomi Je Pisa ada nggak?”.
“Apa, Cep” kupingnya makin dideketin ke muka temen gw.
“Kalo VCD Tomi Je Pisa ada nggak?” Si Emang mengerutkan dahinya, mikir-mikir ke jaman tai kotok dilebuan. Tangannya memegang keningya, (Untung aja nggak ngorek2 tai kotok dina lebu).
Temen gw nunggu sambil berdebar beberapa detik kepastian jawaban dari pertanyaan yang diajukannya. Pertanyaan yang sangat “rahasia” karena takut ketahuan orang-orang disekitarnya. Pertanyaan yang malu untuk diungkapkan tapi Doi suka jika barangnya didapatkan. Pertanyaan yang hampir seluruh mahluk yang hidup jaman milenium geleng-geleng kepala dengan keanehan makhluk satu ini karena tidak sesuai dengan penampilannya. Cool, parlente khas bujang kota, penuh gairah metropolitan, yang paling cocok dengerin radio juga aliran Jazz nya KLCBS. Atow grunge-grungean grup-grup besar sebangsa Nirvana, RATM, dan kawan2. Alternatif kaya Korn, Greenday, Blink 182 Slip Knot de el el. Pokoke lagu lagu jaman ayeuna, pantas dia suka.
Lagi gw mikir kemungkinan lagu-lagu yang pantas dia suka, Si Emang yang Jualan VCD sambil nepak tarang teriak:
“Oooh, Seep Jaang! Tommy J Pisa mah…!!!”
Hampir semua orang yang lagi pada milih Lagu-lagu balik natap ke orang yang dihadapan Tukang VCD. Buset, ampuun aing mah, sebagai temannya gw nggak tega “rahasianya” terbongkar dengan tidak sengaja oleh si empu VCD bajakan.
“Ssst, Tong tarik teuing, Mang” sambil nempelin curuknya dibibir. Kemudian ngomong rada tarik “Saha nu nyari lagu eta mang” sambil merong reuwas ke tukang VCD. Mukanya kalo siang bolong pasti sudah merah marun.
Sadar akan keadaan, Si Emang VCD senyum-senyum sambil mindah-mindahin VCDnya, tampak hadirin yang lagi milihan lagu juga ikut senyam-senyum. Malah terdengar ada yang berbisik ”Naha teu make Begi nya?” ada juga yang nyeletuk “Kali ada di Nini urang, tinggal ngorehan di goah” ditimpalin orang disampingnya “dina luhureun sasajen, nya?”
Doi tampak kaku dan bingung, “what can I do?” mungkin itu pertanyaan di fikirannya “kabooor” suara hatinya sedikit berbisik.
“Naha maneh nggak ada pilihan lagu laen apa?” gw tanyain doi yang sedikit ada pencerahan alternatif dari artis pujaanya. Agar tidak terlalu fanatik, atau malah militan. Sebab kalo lagi kasmaran dengan lagu-lagu jadul, doi kadang teriak-teriak sambil tidur lelap lagu-lagu yang mengiris hati (buah, eh.. hati, eh.. Buah hati maksud gw).
Yang jadi masalah, lagu jadulnya teu ninggang dina kekecrek. Kayaning lagu Oma Irama masih mending, sekedar mengenang satria bergitar lagi garuk-garuk melodi. Atou koesplus, Panbers, atau apa aja yang melegenda. Ini kadang doi suka lagunya Nia Daniati, Duh aduuh, bikin prajurit nangis sebelum tempur. Malah pernah suatu waktu nekat nyari lagu itu ke radio-radio AM yang masih idup di Bandung. Ada sih ada di piringan hitam, doi rekam di HP, cocok deh suaranya. Kayak tongeret keujanan.
Ketemu artis pujaannya (Nia D, Red) di taksi dekat mall BSM, doi hariweusweus cerita sepanjang naik angkot pulang. Padahal cuma liat sepintas. Gw cuma senyum dikit malu sama “tetangga” sekitar yang pada diam dikeheningan. Tongkrongan Parlentenya ini yang jadi kontras.
Malah ada rencana mo ngoleksi lagu jadul yang lainnya yang belum doi dapatkan dari album awal sampe terakhir. Meggi Z...! Duileee, cape deh….

***
(Kejadian pada 30 Nopember 2007)

Iklan

Read Full Post »

Bendera tanpa tiang
Berkelebat diingatan

Ada yang tersentak
Namun sedikit yang tertawa
Kecuali pamrih

Kebulatan semangat
Tumbang
Seperti merah putih tanpa tiang
Berkelebat disetiap jaman

Read Full Post »

Bendera tanpa tiang
Berkelebat diingatan

Ada yang tersentak
Namun sedikit yang tertawa
Kecuali pamrih

Kebulatan semangat
Tumbang
Seperti merah putih tanpa tiang
Berkelebat disetiap jaman

Read Full Post »

MAAFKAN DAKU SAYANG

Aku bukan maniak cinta…
Setiap kali aku menjelma arjuna, ragaku penuh pesona, melantunkan syair cinta di setiap dermaga, tapi entah dimana perahu asaku kandas. Padahal aku tertegun pada raut mukamu yang tanpa make up & gincu.
Setiap aku menjelma rahwana, hitam kelam pesonaku pudar tak bergairah, tetap saja menyimpan dendam pada ketulusan dan takdir. Mengumpat asap yang membumbung di ujung kapal yang berlayar entah kemana.

Hitam putih ku terus melingkari keadaan pada semua yang aku inginkan.
Pada apapun yang terus melangkahi nasib dengan keinginan.
Tertuju pada pola batin yang terhalang janji dan prasangka.

Hingga suatu masa kutemukan jalan mana memandu hati yang kelak tampak sebuah jembatan, menerjunkan air dipekarangan senja hari.
Pulanglah! Kata si pemilik perkutut itu, sirami kemboja dengan do’a.

Tiba-tiba teng! sekali, membuyarkan tatapanku yang larut dalam tanya seseorang:
Akankah aku terus disini, digorong-gorong negeri kapitalis….
Entahlah…

Read Full Post »

KAPIKIRAN

Kakara karasa, waktu kuring leumpang nyorangan balik ti Pameran Komputer jam 8.30 peuting…
Leumpang tungkul bari nuturkeun indung suku anu maksud rek balik ka imah anu ngaliwatan heula jalan Wastukancana, bras ka deukeut balai kota…
Sabet di jalan… asa aya anu kapikiran… nyaan, kapikiran…

Geus ampir 8 tahun kuring hirup di Bandung…
Teuing geus sabaraha kali kuring ngaliwatan eta jalan nalika indit jeung balik ti pameran komputer…
Geus sababaraha babaturan di bawa ulin ka tempat pameran eta…
Anu pada ahirnya ngan saukur neangan kapanasaran wungkul…
Panasaran ku barang ayar nu kakara tembong di eta pameran…

Karasa asa pang miskinna saalam dunya…

Manusiawi, resep nempo gadis anu harerang meh tiap stan nawaran barang.
Manusiawi, nalika kapaksa sirik nempo batur datang bareng kulawarga atawa paduduaan di malem minggu ka tempat pameran…
Manusiawi anu keuna kana diri kuring, ku jadina kuring minder tina kakurangan elmu, harta, harga diri, kasibukan jrrd… duh Gusti…

Sainget kuring,
Leuleumpangan di eta jalan teh, ngan nalika rek ulin ka pameran wungkul..
Waktu balik jeung indit ti pameran wungkul…
Waktu beak magrib bari tungkul nuturkeun indung suku…

Asa aya anu kurang…
Kakurangan diantara panempo jalma ka kuring…
Teuing ku rarasaan wungkul,
Atawa ka denge ku ceuli sorangan…

Yen kuring teh katempona siga anu senang, siga anu benghar, anu euwueh masalah…
Padahal baturmah teu apaleun kana kaayaan kuring anu “sabenerna”
Anu aya dina hate kuring, anu salalawasna di simpen na hate kuring…

Komo nalika leumpang tungkul bari nuturkeun indung suku anu maksud rek balik ka imah anu ngaliwatan heula jalan Wastukancana, bras ka deukeut balai kota…

Bet jadi kapikiran…
Geuning kuring hirup di Bandung teh ngan saukur antrok-atrokan teu pararuguh…
Sacara lahiriah teu jadi dandanan anu nyata…
Teu boga kandaraan anu jadi panuntun dudunya…
Komo bari hirup di subsidi batur.. anu masih nyaaheun ka kuring…

Nyaan… nyaan, kapikiran,

Braga, Sabtu 5 Pebruari 2005

Read Full Post »

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Read Full Post »